27 Oktober 2021
Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Cirebon

Sejarah dan Nilai

almuqoddas cirebon

Perkembangan dan kemajuan Zaman yang telah memasuki era globalisasi di bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan informasi sangat memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan manusia khususnya umat Islam.

Pengaruh budaya asing tidak mungkin lagi dapat dibendung karena derasnya arus informasi yang kian canggih melalui media social, media cetak, maupun media elektronik, mengakibatkan terjadinya pergeseran nilai dan perubahan budaya. Nilai agama sudah tidak lagi dijadikan parameter utama dan pertama. Tolak ukur kehidupan manusia bergeser ke arah materi/kebendaan.

Perubahan akhlaq sangat terlihat:

  1. Maraknya penggunaan narkoba di kalangan muda-mudi yang dibarengi dengan pergaulan bebas antar sesama mereka sangat menghawatirkan masa depan generasi bangsa
  2. Tindak kekerasan  di kalangan remaja yang tergambar pada kejadian tawuran antar pelajar kerap terjadi di sekeliling kita dan itu cukup membuat prihatin kita semua
  3. Menurunnya minat belajar siswa seiring dengan derasnya arus informasi dan canggihnya teknologi serta banyaknya perubahan kebijakan dan system pendidikan yang berakibat pada rendahnya kualitas pendidikan.

Atas dasar pemikiran tersebut diatas, maka kami berusaha turut serta menyelamatkan anak bangsa serta mewujudkan generasi masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi Iman dan Takwa kepada Allah SWT dengan mendirikan “Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Sumber Cirebon”, dengan system terpadu antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pondok Modern Gontor Ponorogo, serta menjadikan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

Makna Kemodernan Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas

Menganut nilai-nilai komodernan yang positif: disiplin, tepat waktu, kerja keras, termasuk cara berpakaian.

Kurikulum : Integrasi antara ilmu agama dan umum dan penguasaan Bahasa Arab dan Inggris secara aktif

Sistem Pembelajaran : Menerapkan sistem klasikal dengan metode pembelajaran modern

Administrasi : Menggunakan sistem administrasi modern yang akuntabel

Doktrin Keagamaan : Tidak berpihak pada satu golongan atau aliran tertentu

MOTTO :

  • Berakhlak Qur’ani
  • Berbadan Prima
  • Berwawasan Global
  • Berfikiran Inklusif